INDAHNYA KAMPUNGKU





DESA PANGGUL Merupakan salah satu kampong di kecamatan panggul sekaligus desa yang menjadi cikal bakal kecamatan panggul. Kampong ini adalah tempat kelahiran saya, desa dan sekaligus sebagai tempat tinggalku ini memiliki keistimewaan tersendiri memberi pengalaman banyak selama saya tinggal  di desa ini dari manis pahit saya nikmati sesuka hati bersama keluarga  kecil yang dibangun ayah dan ibu saya yang menunjukan  saya dan kedua saudara saya akan kaya alam dan keharmonisan warga yang ada di desa panggul sekaligus memiliki wisata seperti pantai panta,  dan kalian mau tau apa aja tentang desaku ini yaitu..
 Dahulu kampong yang sering disebut dengan desa panggul yang memiliki makna PANGGONAN SING UNGGUL artinya TEMPAT YANG MEMILIKI KELEBIHAN ATAU KEUNGGULAN hehee karena desa panggul ini memiliki tempat wisata dari pantai konang yang akan kaya ikan segar yang langsung dijaring oleh para nelayan, pantai pelang disini terdapat keindahan tersendiri yaitu adanya air terjun yang indah dan airnya sangat sejuk, kemudian pantai kili-kili ditempat ini terdapat penangkaran penyu yang induk dari penyu bertelur disekitar pantai kili-kili ini dan jika telur tersebut sudah menetas bayi penyu tersebut dikembalikan ke asalnya yaitu di laut.
Secara geografis di desa panggul ini terdapat 200 meter disebelah utara pasar wage panggul, dan juga terdapat di rute Jalan raya jenderal panglima soederman. Desa panggul ini wilayah seluruhnya dataran rendah dengan dua sungai yang mengalir dibagian timur dan barat desa yang melambangkan kesuburan desa panggul. Selain itu desa panggul memiliki lahan persawahan yang luas yang selau ditanam padi saat musim hujan dan ditanami kedelai saat musim kemarau datang.
Dalam sisi pendidikan desa panggul terdapat beberapa lembaga pendidikan yaitu TK, sekolah dasar (SD), SMP,MTS,SMA,dan SMK. Meskipun dari desa kecil dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman desa panggul kini menjadi desa yang ramai walau dikelilingi pegunungan, selain itu  pendidikan di desa panggul inipun cukup memadai dan berkualitas walau masih kalah dengam sekolah-sekolah yang ada di kota.
Serta dalam kehidupan sosiologis rakyat desa panggul ini sangat memegang teguh budaya dan adat istiadat JAWA. Segala macam bentuk kesenian jawapun masih ada sampai saat ini. Dan masyarakat desa panggul ini hubungan antar warga bersifat kekeluargaan karena selama saya tinggal di desa panggul terlihat  sangat sportivitas dalam saling membantu antar sesama seperti  saat memperbaiki rumah yang dikerjakan secara bersama-sama maupun pada saat ada hajatan keluarga.  Selain itu kebanyakan warga desa panggul mayoritas beragama islam meskipun ada beberapa yang non muslim tidak akan menjadi pengaruh dalam kebersamaan di masyarakat..  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa memilih UMM?

TEKNOLOGI PERKEMBANGAN TELIVISI